Tips Mempercepat Akses Internet

Banyak sekali cara yang dapat kita pakai untuk menambahkan kecepatan pada saat kita meluncur di Internet. Browsing Internet dengan kecepatan yang tinggi pasti sangat menyenangkan, berbagai cara dilakukan untuk mempercepat koneksi internet baik menggunakan software agar koneksi internet menjadi lebih cepat maupun menggunakan settingan tertentu dan hardware tertentu yang diklaim bisa mempercepat koneksi internet. Berikut ini adalah beberapa trik yang dapat anda gunakan untuk mempercepat akses Internet.

1.) Mengubah setingan bandwith pada OS Windows xp, vista, maupun Windows 7.

Cara ini memang sangat efektif dan aman, mudah untuk dicoba karena langkah-langkahnya yang sangat sederhana. Saya sudah mencoba cara ini lebih dari 5 komputer, dan yang memiliki windows-seperti yang saya katakan diatas, Pada dasarnya OS windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa maksimal 100%, jika netter ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada Windows kita bisa maksimal dalam menggunakan bandwidth yang sudah ada.Ikuti trik di bawah…
  1. Klik Start, kemudian pilih run
  2. Ketikan Gpedit.msc kemudian tekan enter, setelah itu maka akan ada konfirmasi dan klik Ok. (kalau tidak ada, berarti kita langsung bisa masuk).
  3. Langkah ketiga kita akan masuk kedalam menunya, dan pilih pada bagian Computer Configuration kemuadian pilih Administrative Templates,
  4. Selanjutanya pilih bagian Network,
  5. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
  6. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
  7. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0%,
  8. Klik Apply, dan terus Ok
  9. Kemudian keluar dan Restart komputer
Tadi adalah cara yang mudah bagi anda yang mau mencoba.

2.) Pakai browser Google Chrome atau Apple Safari

Versi terbaru dari browser Chrome dan Safari sangatlah cepat bila dibandingkan dengan Firefox ataupun Internet Explorer (sudah dicoba dan terbukti memang jauh lebih cepat). Saran kami pakailah Google Chrome karena selain cepat, Chrome lebih aman dibanding dengan Safari, walau dalam beberapa hal Safari kadang lebih cepat dari Chrome.
Kalau netter/orang yang sering ngenet sudah terbiasa memakai Firefox dan tidak ingin beralih ke browser lagi, bisa tambahkan Add-on “Adblock” untuk memblok iklan, gambar, dan flash yang aktif. Ada beberapa Add-on lagi dari Firefox seperti NoScript yang bisa mempercepat akses internet, tapi sayangnya kalau kebanyakan Add-on justru, kadang malah memperlambat akses dari browser Firefox sendiri.

3.) Perbesar cache browser hingga 5% dari kapasitas Harddisk atau 1 – 2 GB

Cara ini terbukti efektif untuk mempercepat akses browser. Logikanya adalah browser tidak perlu tiap kali loading gambar dan tetek bengeknya segala setiap kali berkunjung ke situs yang sudah pernah dikunjungi, karena kalau situs sudah pernah dikunjungi akan otomatis di-cache oleh browser dan disimpan.

Cara ini hanya berlaku jika kapasitas harddisk netter cukup besar. Pada umumnya masing-masing browser ada yang bisa diset kapasitas cachenya, ada yang otomatis. Jika browser netter tidak ada pilihan set cache, artinya netter jangan sering-sering (atau tidak perlu) clear history di browser.
Cara ini hanya berlaku kalo kapasitas harddisk netter cukup besar...

Semoga Berguna.

0 komentar:

Posting Komentar